Selasa, 27 Juli 2010

Nilai Kemanusiaan Manusia

Allah SWT. telah menempatkan manusia pada posisi yang tinggi dibandingkan dengan mahluk yang lain. Karena hal inilah manusia diberi pendengaran untuk menangkap irama alam semesta. Dijadikan penglihatan untuk menerjemahkan warna-warni alam dalam berbagai nuansa dan harmoni. Dibekali dengan hati sebagai instrumen perasa sensitif untuk menganalisa semua yang terjadi. Serta, manusia dibekali dengan otak sebagai sarana intelegensia sehingga dapat meneliti dan mengamati segala fenomena alam.

Maha suci Allah dengan segala ciptaan-Nya, yang tidak ada kebathilan dalam segala bentuk mahluk yang diciptakan-Nya. Akan tetapi manusia jarang sekali mensyukuri segala karunia yang diterimanya. Manusia cenderung takabur terhadap segala macam atribut yang menempel pada dirinya. Atribut harta, benda, jabatan, dan segala macam bentuk keduniaan lainnya.

Allah SWT berfirman : “Katakanlah; Dia-lah yang menciptakan kamu pendengaran, penglihatan dan hati (tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.” (Q.S Al-Mulk: 23)

Tidak hanya itu Allah ta’ala juga memberi manusia kelebihan-kelebihan lain jika dibandingkan mahluk Allah yang lain, yaitu nilai kemanusiaan.

Nilai “kemanusiaan” manusia mengandung sebuah makna bahwa manusia bisa saja bernilai tidak seperti manusia semestinya, bahkan Allah SWT. pernah mensinyalir bahwa ketika manusia tidak dapat memfungsikan semua pemberian yang Tuhan berikan maka manusia ibarat binatang ternak bahkan lebih buruk.

Berikut adalah nilai lebih yang dimiliki manusia:

1. Manusia adalah mahluk paling baik bentuknya

Firman Allah: “sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. (Q.S. At-Tiin (95): 4).

Kesempurnaan manusia dari segi fisik tampak jelas. Postur tubuh yang sangat sempurna jika dibandingkan dengan mahluk lainnya. Cobalah kita tengok mahluk-mahluk Allah yang terdapat di kebun binatang, pasti kita menyimpulkan manusia sebagai ciptaan yang paling sempurna.

2. Manusia adalah mahluk yang paling mulia

“Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam”. (Q.S.Al-Isra (17): 70) . Kemuliaan yang dimiliki manusia adalah kemuliaan yang Allah berikan sejak manusia lahir, artinya kemuliaan manusia adalah by nature.

3. Mahluk yang paling dilebihkan

“.. Kami angkut mereka di daratan dan lautan, Kami beri mereka rizki yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan mahluk yang telah Kami ciptakan”. (Q.S. Al-Isra (17):70)

4. Mahluk yang paling cerdas

Allah telah mengajarkan kepada Adam AS sebagai bapaknya manusia nam-nama benda, firman-Nya: “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya.....”(Q.S.Al-Baqarah (2):31). Manusia dibekali dengan volume otak yang sangat besar jika dibandingkan dengan mahluk lainnya.

5. Mahluk yang paling agung

Predikat ini diberikan karena Allah SWT. telah menundukan alam beserta isinya untuk manusia. “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana sesungguhnya Allah SWT telah menundukan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan dibumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin “ (Q.S. Luqman (31): 20).

Nilai “kemanusiaan“ manusia sesungguhnya harus nampak dalam keseharian manusia berupa perilaku yang baik dan sholih. Demikianlah beberapa nilai “kemanusiaan” manusia yang harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Jika tidak, maka manusia bahkan lebih buruk dari binatang.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda